Carladavisdesigns – KPU RI sebut gelar rakor hadapi PHPU Pileg pasca-PHPU Pilpres usai RGO303

carladavisdesigns – Anggota Komisi RGO303 Penentuan Biasa( KPU) RI Parsadaan Harahap berkata kalau lembaganya mengadakan rapat koordinasi( rakor) buat mengalami sidang Bentrokan Hasil Penentuan Biasa( PHPU) Pileg 2024 di Dewan Konstitusi( MK).

Beliau menarangkan rakor yang diadakan pasca- PHPU Pilpres 2024 selesai itu berjalan sepanjang 3 hari sampai 25 April 2024, serta mengundang KPU Provinsi semua Indonesia.

” Rakor pemetaan kemampuan petisi bentrokan. Kan mulai esok( Rabu, 24 April 2024) itu pergi no pendaftaran, no register dari petisi legislatif. Jika kemarin Pilpres udah tutup nih, saat ini masuk ke legislatif terdapat DPR, DPD, serta itu 14 hari lagi esok sidangnya,” ucap Parsadaan di Kantor KPU Kota Depok, Jawa Barat, Selasa.

Beliau berkata kalau rapat buat mengalami PHPU Pileg dicoba bersamaan dengan jenjang Pilkada berbarengan 2024 yang telah berjalan.

Pada Senin( 22 atau 4), MK memutuskan 2 masalah bentrokan Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar serta Membalas Pranowo- Mahfud Md. Konferensi artikulasi tetapan dipandu oleh Pimpinan MK Suhartoyo.

Dalam amar putusannya, MK menyangkal semua permohonan yang diajukan Anies- Muhaimin serta Ganjar- Mahfud Md. Bagi MK, permohonan kedua pihak itu tidak berargumen bagi hukum buat segenap.

Atas tetapan itu, ada opini berlainan( dissenting opinion) dari 3 Juri Konstitusi, ialah Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, serta Arief Hidayat. Pada intinya, ketiga Juri Konstitusi itu melaporkan sepatutnya MK menginstruksikan pemungutan suara balik di sebagian wilayah.

Ada pula dalam petitumnya, Ganjar- Mahfud ataupun Anies- Muhaimin pada intinya memohon MK menghapuskan LOGIN RGO303 Ketetapan KPU No 360 Tahun 2024 mengenai penentuan hasil penentuan biasa kepala negara serta delegasi kepala negara tahun 2024.

Mereka pula berharap MK mendiskualifikasi pendamping Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka selaku partisipan Pilpres 2024. Mereka pula memohon MK menginstruksikan pada KPU melaksanakan pemungutan suara balik Pilpres 2024 tanpa melibatkan Prabowo- Gibran.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *